Latihan Fisik Catar AKMIL

Sudah selayaknya bahwa catar AKMIL harus memiliki kemampuan fisik yang mumpuni agar bisa beradaptasi dengan jadwal latihan selama mengikuti pendidikan. Sebagai catar AKMIL kamu sebaiknya mampuĀ  melakukan 7 latihan dasar ini.

Calon Taruna Akademi Militer (catar AKMIL) yang memiliki kondisi fisik kurang terlatih akan kesulitan mengikuti rutinitas latihan fisik yang dijadwalkan.

Kurangnya latihan fisik juga mempengaruhi kesempatan kamu diterima. Catar AKMIL yang memiliki potensi menjadi perwira TNI adalah mereka yang menjaga kesehatan fisik dengan berlatih setiap hari.

7 Latihan Dasar yang Kamu Harus Bisa Sebelum Masuk Akademi Militer

#1. Lari (5 km dalam 30 menit) – Mulai dengan jalan atau kombinasi antara lari dan jalan. Olahraga ini akan menstimulasi jantung dan paru hingga meningkatkan intensitas bernapas dan detak jantung.

#2. Skipping (10 sampai 15 menit) – Skipping termasuk high-intensity training (HIT) dan merupakan latihan kardio terbaik. Pastikan kamu sudah warm up dengan benar agar mengurangi resiko cedera.

#3. Push-up (minimal 30 kali) – Push-up memerlukan seluruh otot tubuh. Oleh sebab itu, push-up sangat dianjurkan untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Tak hanya catar AKMIL saja, bahkan non-olahragawan pun sebaiknya bisa melakukan push-up.

#4. Sit-up (minimal 30 kali) – Sit-up melatih otot abdomen, termasuk perut, pinggul, punggung bawah, dan leher.

#5. Chin-up (minimal 8 kali) – Olahraga ini melatih kekuatan otot tubuh bagian atas terutama punggung, perut, dan bisep. Latihan ini direkomendasikan oleh anggota militer. Oleh sebab itulah, perwira TNI biasanya memiliki tubuh bagian atas yang besar

#6. Rope Climbing (minimal 3 sampai 4 meter) – Memanjat tali melatih kekuatan genggaman tangan, bisep, dan kekuatan otot tubuh bagian atas. Kalau kamu sudah memiliki keahlian ini sebagai catar AKMIL, proses kamu kedepannya akan lebih mudah.

#7. Dasar-dasar berenang – Anggota militer haruslah bisa berenang. Kalau kamu tidak pernah berenang sebelumnya, akan sulit untuk beradaptasi.

Jangan Bandingkan Diri Kamu dengan Catar AKMIL Lainnya

Ketika mengikuti pelatihan masuk AKMIL, banyak catar yang rendah diri dengan kemampuan catar lainnya.

Ketika kamu menemui catar AKMIL yang memiliki kekuatan fisik lebih, jangan minder. Bisa jadi, latihan mereka sudah berlangsung selama bertahun-tahun sedangkan kamu baru mulai selama beberapa bulan.

Kalau mereka bisa push-up 30 kali dengan enteng, bukan berarti kamu harus bisa seperti mereka saat itu juga.

Kuncinya adalah latihan teratur dan meningkatkan intensitas olahraga seiring perkembangan waktu.

Selama kamu mengikuti bimbingan dari mentor-mentor di bimbel AKMIL, kamu bakal jadi lebih baik dari sebelumnya.

Related Post

Leave a Comment