Formasi CPNS

Tahun ini, pemerintah telah mengumumkan akan mengadakan pendaftaran dan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Ada beberapa formasi CPNS dan PPPK yang menjadi fokus seleksi tahun ini.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) menyatakan bahwa pendaftaran CPNS dibuka mulai April hingga Mei.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri menyebutkan bahwa tes CPNS akan dilaksanakan paling lambat bulan Juni. Pemerintah menjelaskan ada beberapa formasi yang mendapatkan prioritas di tahun ini.

#1. Formasi PPPK guru

Menurut Deputi bidang SDM Kementerian PANRB Teguh Widjinarko, formasi guru akan dibuka sebanyak 1 juta formasi dan dipilih melalui jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Formasi PPPK guru ini diharapkan mampu menyelesaikan persoalan kekurangan tenaga guru yang saat ini diisi oleh tenaga honorer.

Ini artinya, formasi CPNS guru tahun ini tidak buka. Pemerintah memilih untuk menyeleksi guru dari jalur PPPK.

Namun dalam jangka panjang, akan ada kemungkinan bahwa pemerintah akan membuka CPNS guru tahun depan.

#2. Formasi Tenaga Kesehatan

Kementerian Kesehatan membuka lowongan CPNS tenaga kesehatan untuk ditempatkan di lingkungan Kemenkes. Menurut formasi yang ditetapkan tahun 2019 lalu, Kemenkes mencari tenaga-tenaga ahli di bidang kesehatan seperti:

  • Apoteker
  • Bidan
  • Dokter Umum
  • Dokter Spesialis
  • Entomolog
  • Epidemiolog
  • Fisikawan
  • FIsioterapis
  • Desen
  • Nutrisionis
  • Peneliti
  • Perawat
  • Radiografer
  • Sekretaris
  • Teknisi Elektromedis
  • dan berbagai tenaga ahli kesehatan lainnya

#3. Formasi Tenaga Teknis

Formasi CPNS terbesar ketiga adalah formasi tenaga teknis seperti teknologi informasi dan komunikasi, infrastruktur permukiman dan sanitasi, transportasi, energi, dan air bersih.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo, sebanyak 1,6 juta formasi administrasi akan dialihkan ke tenaga teknis.

Kuota pastinya akan disesuaikan dengan kebutuhan Kementerian dan Lembaga serta Pemda terkait.

Saat ini, ada 4,3 ASN dan 1,6 juta di antaranya adalah tenaga administrasi yang sebagian besar bekerja di Pemda.

Formasi CPNS di Masing-masing Kementerian dan Institusi

Tahun ini, pemerintah memerlukan CPNS dalam jumlah besar untuk mendukung pencapaian prioritas pemerintah dan pembangunan negara.

Jumlah total usulan formasi CPNS tahun ini untuk instansi pusat sebanyak 113.172 formasi dan formasi CPNS untuk Pemda tersedia 438.170 formasi.

Saat ini, pemerintah telah menyusun data formasi yang diperlukan oleh tiap-tiap kementerian dan pemerintah daerah. Pemerintah berharap bisa mengumumkan jumlah formasi paling cepat bulan Maret dan paling lama bulan Mei 2021.

Berikut ini adalah data formasi CPNS di Kementerian terkait menurut data tahun 2019.

#1. Kemenkumham

Formasi pendaftaran CPNS 2021 di Kemenkumham berlaku bagi lulusan SMA/SMK/MA serta lulusan Sarjana. Formasi CPNS Kemenkumham membuka lowongan terbesar untuk lulusan SMA dan SMK.

Menurut data Kemenkumham, pendaftaran CPNS 2019 berhasil menjaring 3.532 formasi untuk lulusan SMA/SMK/MA. Untuk informasi tentang pendaftaran CPNS Kemenkumham, simak laman https://cpns.kemenhukam.go.id/

#2. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung RI membuka 2.000 formasi untuk pendaftaran CPNS tahun 2019 lalu. Formasi ini dikhususkan untuk lulusan SMA/SMK/MA. Untuk formasi CPNS Kejaksaan Agung tahun 2021, simak laman https://rekrutmen.kejaksaan.go.id/

#3. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Menurut surat edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK) Nomor: PG.1/SETJEN/ROPEG/Peg.O/11/2019, tersedia 80 formasi bagi lulusan SMK dengan jabatan Pelaksana Pemula atau Pemula Polisi Kehutanan.

Kemungkinan besar, KLHK akan membuka formasi baru untuk CPNS tahun 2021. Informasi selengkapnya bisa kamu peroleh di https://ropeg.menlhk.go.id/

#4. Kementerian Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) membuka 45 formasi untuk lulusan SMA/SMK/MA sederajat. Informasi selengkapnya bisa kamu peroleh di laman https://cpns.pertanian.go.id/

#5. Kemendikbud

Pada tahun 2019, Kemendikbud menyebutkan formasi CPNS untuk kebutuhan pegawai negeri sipil sejumlah 202 formasi. Untuk formasi tahun ini, pemerintah masih menunggu informasi lebih lanjut dari Kemendikbud hingga maksimal akhir Mei 2021.

Informasi lengkap seputar formasi CPNS Kemendikbud bisa kamu peroleh di laman https://cpns.kemdikbud.go.id/

#6. Badan Intelijen Negara (BIN)

Badan Intelijen Negara (BIM) membuka lowongan CPNS untuk 200 pelamat. Formasi ini dikhususkan untuk lulusan SMA/SMK/MA sederajat dengan jabatan Pranata Komputer Pelaksana Pemula pada Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, dan Deputi bidang Intelijen Luar Negeri.

Pendaftaran CPNS

Pendaftaran CPNS 2021 diperkirakan bisa dimulai pada bulan April hingga Mei 2021. Pengumuman formasi CPNS yang tersedia diharapkan bisa selesai paling awal bulan Maret 2021, dan diperpanjang hingga akhir Mei 2021.

Saat ini, pemerintah tengah mengolah data yang masuk untuk menganalisis instansi dan kementerian mana saja yang membuka pendaftaran CPNS.

Menurut Kemenpan RB, formasi CPNS 2021 akan lebih besar daripada jumlah formasi tahun 2019. Hal ini dikarenakan tidak ada rekrutmen CPNS tahun 2020 sehingga jumlah kebutuhan formasi akan diakumulasikan di tahun 2021.

Sejauh ini, tercatat setidaknya 500.000 formasi yang sudah masuk ke instansi pusat. Jumlah total usulan formasi CPNS 2021 terdiri dari 113.172 formasi pusat dan 438.170 formasi untuk pemerintah daerah.

Tips Lulus Pendaftaran CPNS 2021

Semakin dekatnya pendaftaran dan seleksi CPNS, kamu harus rajin berlatih soal-soal yang diujikan dan mencari tahu informasi seputar instansi dan kementerian terkait.

Beberapa kementerian memiliki persaingan tinggi seperti misalnya Kemenkumham yang mencapai 700 ribu orang pendaftar pada tahun 2019 lalu.

Untuk menembus persaingan ketat di kementerian yang banyak peminatnya seperti Kemenkumham, KemenAg, dan Kejagung, kamu perlu ikut kelas belajar intensif.

Bimbel CPNS mengadakan kelas intensif khusus ujian masuk CPNS dengan try out sesering mungkin agar kamu terbiasa mengerjakan soal-soal ujian.

Kebanyakan pendaftar gugur di Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) karena di sinilah seleksi ketat berlangsung. Agar masuk ke ranking 3 kali formasi penerimaan, kamu harus bisa meraih skor SKD setinggi mungkin.

Bimbel CPNS Patriot Muda berani memberikan garansi nilai skor SKD minimal 380 dan garansi uang kembali 100%. Banyak sekali peserta Bimbel CPNS Patriot Muda yang berhasil meraih skor 400 ke atas untuk SKD yang terdiri dari tiga tes yaitu TWK, TIU, dan TKP.

Ini karena kamu akan mengikuti kelas intensif dengan jumlah 60 pertemuan dan 10 kali try out untuk menguasai materi-materi SKD CPNS.

Nah, ingin menyusul mereka yang berhasil lulus ujian CPNS dan diterima di kementerian pilihan yang mereka lamar?

Segera bergabung dan ikuti bimbel CPNS terpercaya karena seleksi CPNS akan dimulai sebentar lagi!

Related Post

Leave a Comment