Pada artikel ini Patriot Muda Training Centre akan membahas Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020. Walaupun masih di tengah pandemi akhirnya BKN kembali mengumumkan jadwal baru pendaftaran yang awalnya akan dibuka pada 9-30 April harus diundur, kebijakan penundaan ini sudah diputuskan melalui Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/381 M/SM.01.00/2020 tanggal 3 April 2020 perihal Penundaan Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Kedinasan Tahun 2020. Namun akhirnya BKN kembali mengumumkan jadwal penerimaan terbarunya, Nah pada artikel kali ini kita akan membahannya.
Jadwal Penerimaan Sekolah Kedinasan 2020
Berikut adalah jadwal terbaru penerimaan menurut BKN :
Pengumuman Pendaftaran : 1 Juni 2020
Pengumuman Pendaftaran Sekolah Kedinasan mulai tanggal 1 Juni 2020 menyesuaikan status tanggap darurat non bencana pandemi covid-19.
Pendaftaran Peserta : 08 Juni 2020
Pendaftaran peserta seleksi masuk Sekolah Kedianasan dibuka tanggal 8 juni 2020 sampai dengan 23 juni 2020 menyesuaikan status tanggap darurat non bencana pandemi covid-19.
Ujian SKD : 1 Juli 2020
Pelaksanaan Seleksi Lanjutan akan diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan baik jadwal dan format ujian menyesuaikan status tanggap darurat non bencana pandemi covid-19
Daftar instansi Sekolah Kedinasan yang Membuka Pendaftaran 2020
MATRA LAUT
1) STIP Jakarta
2) PIP Semarang
3) PIP Makassar
4) Poltekpel Malahayati
5) Poltekpel Sumbar
6) Poltekpel Banten
7) Poltekpel Surabaya
8) Poltekpel Barombong
MATRA UDARA
1) PPI Curug
2) Poltekbang Surabaya
3) Poltekbang Medan
4) Poltekbang Makassar
5) Poltekbang Palembang
6) Poltekbang Jayapura
Berkas dan Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan
Pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda.
Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :
Kartu Keluarga
Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Ijazah
Rapor SMA/Sederajat
Pas foto
Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar
Alur Penerimaan Sekolah Kedinasan 2020
Sesuai Gambar diatas berikut adalah mekanisme pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020 :
Akses Portal : Pelamar mengakses Portal SSCASN di Alamat : https://sscasn.bkn.go.id/. Pelamar wajib membaca dan memahami tata cara pendaftaran dan persyaratan sekolah kedinasan. Setiap Sekolah kedinasan Memiliki tata cara pendaftaran yang berbeda tergantung kebijakan sekolah kedinasan tersebut.
Pendaftaran : Pelamar membuat akun sscn Sekolah Kedinasan 2020 kemudian Cetak Kartu Informasi Akun. Pelamar Log In menggunakan NIK dan Password yang didaftarkan, upload swafoto, melengkapi biodata, meilih sekolah kedinasan, melengkapi nilai, upload dokumen persyaratan, Kemudian Pelamar mengecek Resume dan Cetak Kartu Pendaftaran SSCN Sekolah Kedinasan Tahun 2020. ps : Pelamar Melengkapi data di web sekolah kedinasan, bagi sekolah kedinasan bagi yang mewajibkan sesuai dengan pengumuman.
Verifikasi : Data yang sudah masuk ke sistem akan diverifikasi oleh Panitia Seleksi Kedinasan di Instansi Terkait. Pelamat Login ke SSCN Sekolah kedinasan untuk mengecek status kelulusan seleksi administrasi.
Pembayaran : Pelamar yang dinyatakan Lulus Sekelsi Administrasi akan emndapatkan kode pembayaran. Informasi mengenai tata cara penbayaran silakan cek dibawah. Kartu Ujian dapat diunduh bagi pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan verifikasi oleh sistem.
Ujian Seleksi : Pelamar Mengikuti Ujian Seleksi. Ketentuan mengenai ujian seleksi ini mengacu pada persyaratan dan peraturan sekolah kedinasan.
Hasil Seleksi : Panitia Seleksi Penerimaan Sekolah Kedinasan Tahun 2020 akan mengumumkan pelamar yang lulus seleksi dan dinayatakan diterima. Pelamar dapat mengecek informasi tersebut di SSCN Sekolah Kedinasan 2020.
Tata Cara pembayaran Ujian CAT Sekolah Kedinasan 2020
Melalui Bank BRI
Masukan ATM dan PIN kamu
Pilih Menu Transaksi Lainnya dan Pilih Menu Pembayaran
Pilih Menu MPN dan Masukan 15 digit kode billing
Transfer tagihan yang Tertera dan Foto bukti transfer kamu
Melalui Bank BCA
Masukan ATM dan PIN kamu
Pilih Menu Pembayaran dan Pilih MPN/Pajak
Pilih Menu MPN/Pajak dan Masukan 15 digit kode billing
Transfer tagihan yang Tertera dan Foto bukti transfer kamu
Melalui Bank BNI
Masukan ATM dan PIN kamu
Pilih Menu Pembayaran dan Pilih “Pajak/Penerimaan Negara
Pilih Menu Pajak/PNPB/Bea & Cukai dan Masukan 15 digit kode billing
Transfer tagihan yang Tertera dan Foto bukti transfer kamu
Melalui Bank Mandiri
Masukan ATM dan PIN kamu
Pilih Menu Bayar/Beli dan Pilih Penerimaan Negara
Pilih Menu Pajak/PNPB/ Cukai dan Masukan 15 digit kode billing
Transfer tagihan yang Tertera dan Foto bukti transfer kamu
Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat : https://dikdin.bkn.go.id
Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian. Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan
Pelamar memasukkan Nilai
Pelamar melengkapi Biodata
Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
Pelamar mengecek hasil verifikasi
Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan,
harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait proses
selanjutnya
Klik Pada Menu Registrasi, maka akan muncul halaman berikut :
Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga
Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)
Masukan kode captcha yang terlampir
Setelah data di atas dimasukan, klik Lanjutkan. Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan seperti gambar di bawah ini.
Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data :
Nama Tanpa Gelar
Isi nama tanpa gelar sesuai dengan yang tercantum pada ijazah
Tempat Lahir
Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah
Tanggal Lahir
Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah
Jenis kelamin
Pilih jenis kelamin yang sesuai
E-mail
Masukan e-mail aktif dan valid
Password
Masukan password yang mudah diingat.
Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
Konfirmasi Password
Masukkan kembali password telah Anda masukan
Pertanyaan Pengaman 1
Pilih pertanyaan pengaman Anda
Jawaban Pengaman
Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
Pertanyaan Pengaman 2
Pilih pertanyaan pengaman Anda
Jawaban Pengaman
Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
Captcha
Masukan kode captcha yang tampil di layar
Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal
120 kb maksimal 200 kb
Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau dirubah.
Selanjutnya klik Lanjutkan.
Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2020 berhasil, klik Cetak Informasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik.
Klik Lanjutkan Login Pendaftaran untuk ke form berikutnya.
Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata
Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://dikdin.bkn.go.iddengan klik tombol Login yang tertera di sudut kanan atas.
Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta seperti gambar di bawah ini
Setelah Login Selanjutkan silakan lakukan :
Upload Swafoto : Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun
untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya seperti contoh gambar
di bawah ini: Klik tombol choose file , cari dokumen swafoto berwarna denganketentuan format JPEG ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200kb.
Mendaftar Formasi
Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan
Klik tombol Pilih
Pilih pendidikan terakhir Anda saat ini
Pilih Jurusan yang tersedia
Pilih Lokasi Formasi yang tersedia
Pilih Lokasi Test yang tersedia
Pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK Anda berada
Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah (SMA/SMK/Sederajat)
Isi Tahun Lulus
Isi nomor ijazah pendidikan terakhir Anda
Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
Isi kode captcha yang tampil
Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol Selanjutnya. Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi seperti gambar di bawah ini:
Cara Pengisian Nilai Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020
Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.
Cara Pengisian Biodata Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020
Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail
pada form ini.
Data Diri Pelamar : Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.
Data Diri Orang Tua:
NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.
Isi kode captcha yang tampil pada kolom yang disediakan. Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya.
Cara Unggah Dokumen Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020
Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.
Untuk mengunggah dokumen, klik tombol Unggah , cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen.
Pelamar dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol Lihat.
Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik tombol Unggah untukmengganti dokumen tersebut.
Kolom status akan menampilkan status dokumen telah diunggah atau belum. Klik untuk ke Selanjutnya halaman selanjutnya
Cara Isi Resume Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020
Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.
Centang (seklis) pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik Akhiri Proses Pendaftaran. Setelah tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.
Selanjutnya klik tombol Iya, dan tombol CETAK KARTU INFORMASI AKUN dan CETAK KARTU PENDAFTARAN akan tampil.
Bila pelamar klik tombol CETAK KARTU PENDAFTARAN, akan tampil Kartu Pendaftaran seperti
gambar di bawah ini.
Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
Find Us On