Taruna Akmil

Fisik yang sehat tidak bisa dibentuk dalam waktu singkat. Sebagai calon Taruna/ Taruni AKMIL, kamu harus mengetahui cara melatih fisik yang tepat agar tubuh kamu siap menghadapi ujian masuk dan tahan menghadapi pendidikan di AKMIL.

Kalau kamu tertarik masuk ke Akademi Militer (AKMIL), kamu harus tahu apa saja yang harus kamu persiapkan.

Melatih fisik dengan cara yang tepat mampu membentuk kebiasaan dan kebugaran tubuh.

Tujuannya, agar badan kamu nggak kaget ketika menjalani segudang pelatihan fisik di AKMIL.

Persiapan Mental bagi Taruna AKMIL

Selain intelegensi dan kecerdasan akademik, seorang Taruna AKMIL dituntut untuk memiliki fisik dan mental yang kuat.

Sebelum kamu mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi penerimaan AKMIL, kenali dulu persiapan yang sebaiknya kamu lakukan mulai sekarang;

#1. Siap-siap untuk pelatihan disiplin mandiri

Kehidupan sebagai taruna AKMIL tidak mudah. Setiap aktivitas kamu memiliki jadwal yang sudah ditentukan. Ini untuk membentuk disiplin waktu dan kebiasaan.

Calon Taruna AKMIL harus bisa disiplin dan mandiri. Kamu tidak bisa bergantung pada orang lain untuk mengurus kebutuhan sehari-hari kamu.

Kalau kamu belum bisa menerapkan prinsip disiplin dan mandiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sebaiknya kamu siapkan mental dan tekad untuk berubah.

#2. Belajar tentang kehidupan militer

Pelajari bagaimana kehidupan Taruna AKMIL dan perwira TNI dalam masa dinas. Kalau kamu punya kenalan anggota TNI, silakan ngobrol dengan mereka.

Sering-seringlah membaca informasi tentang kehidupan militer yang tersedia online.

Pelajari juga bagaimana kamu memberi salam pada orang-orang dengan pangkat lebih tinggi. Pelajari struktur rantai komando.

Selain itu, pelajari juga bagaimana kamu bisa naik pangkat setelah lulus dari AKMIL.

Kalau kamu ikut bimbel AKMIL, kamu bisa dengan mudah mendapatkan jaringan dan koneksi orang-orang berpengalaman yang dengan senang hati berbagi cerita.

Mengikuti bimbel AKMIL termasuk salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan mental kamu agar lebih matang ketika diterima jadi Taruna/Taruni AKMIL.

Cara Latihan Fisik ala Taruna AKMIL

Kebugaran tubuh hanya bisa dibentuk dengan mental kuat dan disiplin. Tanpa keduanya, kamu tidak bisa memiliki fisik kuat yang dibutuhkan oleh seorang anggota TNI.

Untuk melatih fisik, ikuti panduan ini;

#1. Cek ke dokter

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah dan jadi Taruna AKMIL, kamu harus periksa kondisi tubuh. Ini karena pelatihan selama di AKMIL menuntut fisik yang sehat dan kuat.

Minta dokter untuk memeriksa kondisi tubuh, termasuk kepadatan tulang, kondisi otot, dan fungsi organ dalam seperti jantung dan paru.

Selanjutnya tanyakan rekomendasi olahraga yang cocok untuk kamu. Saran dokter diperlukan untuk membantu mengurangi resiko cedera, terutama kalau salah satu anggota tubuh kamu ternyata memiliki kelemahan.

Mengetahui kelemahan fisik diperlukan agar latihan atau olahraga yang kamu jalani tidak membebani tubuh.

#2. Sabar, tentukan goal

Meskipun kamu sangat tertarik untuk mengikuti pelatihan militer di AKMIL, kamu harus tahu batas dan kemampuan kamu.

Fisik yang kuat tidak bisa dibentuk dalam semalam. Tentukan goal mingguan yang realistis. Misalnya, kamu harus lari sejauh 15 km dalam seminggu atau berenang selama 5 jam dalam seminggu.

Tetap sabar dan fokus pada goal yang sudah kamu tentukan. Awali dengan latihan ringan, lalu perlahan-lahan tambahkan intensitas olahraga yang kamu jalani.

Kalau terburu-buru, kamu malah merusak tubuh dan meningkatkan resiko cedera.

#3. Jangan lupa warm up dan cool down

Tubuh memerlukan waktu untuk bertransisi dari aktivitas ringan ke aktivitas berat. Lakukan peregangan dan latihan-latihan ringan sebelum olahraga.

Warm up dan cool down juga membantu mengurangi resiko cedera. Jangan anggap sepele cedera karena sebagai Taruna AKMIL, kesehatan tubuh kamu adalah aset utama.

#4. Catat aktivitas latihan kamu

Siapkan buku catatan yang berisi jenis olahraga yang kamu lakukan dan durasinya. Pencatatan aktivitas ini bisa memberi semangat ketika kamu sedang malas-malasnya berolahraga.

Catatan olahraga juga membantu kamu melihat perkembangan dan proses yang sudah kamu lalui selama ini. So, kamu bisa bangga, dong.

#5. Minum banyak air mineral

Kebiasaan banyak minum air mineral harus kamu bentuk mulai sekarang. Selalu sediakan satu botol air mineral ketika kamu olahraga.

Hidrasi tubuh sangat penting untuk proses metabolisme dan mengganti cairan yang hilang karena olahraga.

#6. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Selain kesiapan fisik, kamu harus menjaga BMI agar tetap dalam level normal.

Berat badan dan tinggi badan memiliki peranan penting agar kamu bisa menjadi Taruna AKMIL dan lulus menjadi perwira TNI yang sukses.

Perbanyak konsumsi buah-buahan lokal seperti apel yang mudah ditemukan dan memiliki banyak gizi.

Adopsi gaya hidup sehat dan mulai bentuk kebiasaan baik untuk mendukung karir kamu di militer.

#7. Tanya pembimbing tentang tips latihan

Tanyakan pembimbing kamu cara-cara terbaik untuk melatih fisik dan kesiapan mental.

Kalau kamu mengikuti bimbingan belajar untuk masuk AKMIL, ada banyak mentor-mentor berpengalaman yang bisa memberikan rekomendasi olahraga khusus untuk kamu.

Siap Jadi Taruna AKMIL?

Berat badan, tinggi badan, kesehatan tubuh, dan kemampuan fisik adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan karir kamu di militer.

Taruna AKMIL dituntut untuk memiliki fisik dan mental yang kuat agar mampu mengemban tugas setelah lulus.

Dinas dan menjaga kedaulatan NKRI bukan tugas yang mudah. Tapi, dengan pemahaman tentang kehidupan militer dan persyaratan fisik yang ditetapkan, kamu bisa memiliki karir cemerlang sebagai perwira TNI.

Beberapa institusi mengadakan program training untuk menyiapkan lulusan SMA/MA masuk AKMIL. Program yang ditawarkan sudah mencakup latihan fisik, soal-soal ujian, dan persiapan mental.

Kalau kamu serius ingin jadi perwira TNI, ikuti program pelatihan masuk AKMIL bersama mentor-mentor terbaik Patriot Muda.

Related Post

Leave a Comment