Taruna TNI

Banyaknya pendaftar calon taruna TNI dan Akmil setiap tahun membuat persaingan semakin ketat. Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan hal-hal penting ini agar semakin percaya diri ketika menjalani tes.

Kuliah di sekolah kedinasan apalagi Akademi Militer (Akmil) memang jadi impian. Siapa yang tak ingin dilihat sebagai sosok gagah yang melindungi kedaulatan negara?

Fisik yang sehat, mental yang kuat, dan kecerdasan di atas rata-rata. Tiga hal inilah yang menjadi aspek penilaian setiap calon taruna TNI.

Sebelumnya, calon taruna harus bersiap sedini mungkin. Alasannya, karena tes masuk Akmil berkisar pada tiga hal berikut ini.

#1. Persiapan Fisik

Lari pagi, sit up, push up, dan angkat beban sebaiknya jadi rutinitas olahraga kamu. Buat jadwal aktivitas harian dimulai sejak kamu bangun pagi hari.

Selain olahraga, kamu harus memperhatikan asupan gizi yang kamu konsumsi. Pastikan kamu mengonsumsi cukup buah, sayur, dan protein seperti telur, salmon, dada ayam, tuna, kacang-kacangan, dan kedelai.

Bentuk kebiasaan baik mulai sekarang dengan menghindari rokok, begadang malam, dan junk food. Kalau perlu, jalani diet khusus dan bentuk fisik kamu agar tahan banting menjalani tes taruna TNI.

#2. Latihan Mental

Akmil tidak akan menerima taruna yang lembek, cengeng, dan labil. Kamu harus punya mental yang kuat dan sehat.

Oleh sebab itu, kamu perlu membangun dan menjaga kesehatan mental dengan cara;

  • Jaga hubungan baik dengan orang lain
  • Berpikir positif
  • Aktif bergerak
  • Tidur teratur
  • Memanjakan diri sendiri
  • Jauhkan diri dari orang-orang toxic
  • Meditasi

Persiapan mental juga diperlukan jika nantinya kamu harus menghadapi kegagalan.

Kalau kamu gagal menjadi taruna TNI, kamu harus tetap berpikir positif dan terus maju ke depan.

#3. Perluas Wawasan

Dalam tes masuk taruna TNI, wawasan kebangsaan, sejarah, dan wawasan kenegaraan akan sering ditanyakan. Kamu harus bisa menjawab dalam bentuk lisan maupun tertulis.

Oleh sebab itu, mulai sering-sering membuka kembali pelajaran SMA seperti PKN, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan Sejarah.

Pertanyaan yang sering diajukan misalnya;

  • Apa yang kamu tahu tentang fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara?
  • Bagaimana pandangan kamu tentang Pancasila sebagai falsafah dan Ideologi bangsa?
  • Jelaskan kepemimpinan Indonesia dalam rangka pelaksanaan nilai-nilai Pancasila!

Jurusan Apa Saja yang Ada di Akmil?

Selain mempersiapkan tiga hal di atas, kamu juga harus siap memilih jurusan yang ada di Akmil. Sebagai taruna TNI, kamu dituntut untuk menempuh pendidikan selama 4 tahun.

Ada 5 jurusan yang ada di Akmil, diantaranya;

  • Teknik Sipil Pertahanan
  • Teknik Mesin Pertahanan
  • Teknik Elektro Pertahanan
  • Manajemen Pertahanan
  • Administrasi Pertahanan

Berapa Tahun Pendidikan di Akmil?

Lama pendidikan di Akmil adalah 4 tahun untuk jenjang pendidikan Diploma IV yang setara dengan Sarjana Strata-1. Setelah lulus, kamu akan menjalani ikatan dinas sesuai dengan ketentuan Undang-undang.

Umumnya, perwira TNI lulusan Akmil harus menjalani ikatan dinas selama 10 tahun.

Apa Gelar Lulusan Akmil?

Lulusan Akmil akan menjadi perwira TNI AD Letnan Dua sesuai Korps masing-masing dan menyandang gelar Sarjana Terapan Pertahanan (S.Tr.Han.)

Siap Daftar Jadi Taruna TNI?

Anggota TNI adalah profesi yang disegani masyarakat. Kamu bisa jadi kebanggan orang tua, kawan, saudara, dan semua kerabat terdekat kamu.

Tapi, jalan untuk menjadi taruna TNI hingga lulus menjadi perwira letnan dua tidak mudah. Langkah awalnya, kamu harus raji latihan fisik, mental, dan memperluas wawasan kenegaraan.

Cara singkatnya, kamu bisa mengikuti bimbel Akmil yang dikhususkan untuk menaklukan ujian masuk taruna TNI dan memperbesar kemungkinan kamu diterima.

Patriot Muda Training Centre mengadakan program bimbel masuk Akmil bergaransi dengan statistik kelulusan hingga 85 persen.

Sekarang, pilihan ada di tangan kamu.

Apakah kamu ingin segera diterima menjadi taruna TNI tahun ini, atau mengulang lagi tahun depan?

Related Post

Leave a Comment